WELCOME

SELAMAT DATANG SAYA UCAPKAN KEPADA CENDIKIAWAN KEBANGGAAN INDONESIA

Minggu, 27 Maret 2011

ciri ciri wirausahawan

Ciri Seorang Wirausahawan

Menjadi seorang Wirausahawan memang tidak mudah, besarnya resiko usaha menjadi salah satu penghalang terbesar bagi masyarakat untuk memualai usaha. Bahkan karena takut menghadapi resiko, banyak masyarakat yang berhenti ditengah jalan dan yang lebih parah lagi banyak diantara mereka yang mundur sebelum mereka mencoba. Mereka lebih memilih zona aman tanpa memikirkan besarnyaresiko kerugian. Tak heran jika masyarakat kita lebih berminat menjadi pegawai negeri sipil atau menjadi karyawan di sebuah perusahaan dibandingkan menjadi seorang wirausahawan. Hal ini membuktikan bahwa tidak semua orang memiliki jiwa wirausaha.
Apakah Anda termasuk orang yang memiliki jiwa wirausaha ? Berikut ini kami berikan ciri- ciri seorang wirausahawan :
1. Memiliki mimpi (cita-cita) yang besar
Seorang wirausahawan selalu memiliki mimpi atau cita-cita yang besar, mereka mulai menjalankan bisnisnya karena adanya motivasi untuk mencapai mimpi besar mereka. Mimpi yang mereka miliki, menjadi tujuan dari semua usaha yang dilakukannya. Sehingga dalam mengambil keputusan, seorang wirausahawan akan menyesuaikannya dengan mimpi yang dimilikinya. Jadi segala peluang usaha yang dijalankannya akan lebih terarah, dan berhasil mencapai kesuksesan. Mimpi seorang wirausahawan bukan sekedar menjadi seorang pegawai atau karyawan, namun ia memiliki cita ? cita besar untuk menciptakan lapangan kerja baru yang dapat memberdayakan masyarakat.
2. Siap Menghadapi Resiko
Banyak orang yang masih takut untuk mengambil resiko, namun hal ini tidak berlaku bagi seorang wirausahwan. Mereka pandai dalam mengelola ketakutannya dan menumbuhkan keberanian untuk meninggalkan segala kenyamanan yang ada, serta memilih menghadapi sebuah resiko. Namun keberanian untuk menghadapi resiko tetap disertai dengan perhitungan yang matang. Sehingga seorang wirausahawan bukan hanya berani nekat saja, tetapi juga berani bertanggungjawab atas keputusan yang telah diperhitungkannya.
3. Mempunyai paradigma diluar kebiasaan
Seorang wirausahawan selalu memandang masalah, kesulitan, keadaan lingkungan sekitar, perubahan trend dan kejadian yang sedang dihadapinya saat ini,dengan cara pandang yang berbeda. seorang wirausahawan tidak mengenal rumus 1+2 = 3, akan tetapi 1 +2 bisa jadi 4,5 atau 10. inilah yang disebut cara pandang diluar kotak keterbatasan
4. Pemasar sejati atau penjual ulung
Seorang wirausahawan juga memiliki kemampuan dalam menyusun strategi marketing, sehingga dalam membangun sebuah bisnis pertumbuhannya bisa semakin cepat. Tanpa adanya skill ini, orang yang memulai usaha akan memperoeh beban lebih berat dan membutuhkan waktu cukup lama untuk mencapai impiannya.
5. Menyukai tantangan
Banyak orang yang memilih untuk bertahan di zona aman, namun seorang entrepreneur tidak suka berlama ? lama dengan kegiatan yang monoton. Dia lebih suka menggunakan kreativitasnya untuk menjadikan tantangan yang dihadapinya menjadi peluang usaha yang menguntungkan. Bahkan banyak wirausahawan yang menganggap tantangan adalah peluang bagi mereka.
6. Mempunyai tekad yang kuat
Wirausahawan memiliki tekad atau keyakinan yang kuat bahwa sebenarnya kegagalan itu tidak ada. Bagi mereka yang ada hanya rintangan besar, sangat besar dan rintangan kecil. Kegagalan hanya diperuntukan bagi para pecundang. Namun dengan menganggap bahwa semuanya hanya rintangan, wirausahawan selalu optimis bahwa semua rintangan bukan akhir dari segalanya dan pasti ada jalan keluar untuk menghancurkan rintangan tersebut.
7. Disiplin untuk pemenuhan target
Kedisiplinan menjadi hal penting bagi seorang wiraushawan, bagi mereka waktu yang terbuang sama halnya melewatkan sebuah peluang besar untuk mendapatkan keuntungan. Maka benar adanya jika ada pepatah yang mengatakan ? time is money ? karena dengan membuang waktu sama halnya dengan melewatkan begitu saja peluang untuk mendapatkan penghasilan. Oleh sebab itu seorang wirausahawan selalu disiplin dalam segala hal, untuk mencapai target yang mereka tentukan.
8. Berjiwa pemimpin.
Seorang wirausahawan merupakan pemimpin bagi dirinya sendiri dan pemimpin bagi para karyawannya. Dengan memiliki jiwa kepemimpinan, Anda dapat memotivasi diri sendiri dalam hal pengambilan keputusan. Selain itu ketika menjadi seorang entrepreneur, maka secara tidak langsung Anda juga harus siap menjadi pemimpin yang baik bagi para karyawan Anda, karena mereka berkaca pada diri Anda. Jadilah teladan yang baik bagi karyawan Anda, dan dorong mereka agar dapat memberikan yang terbaik bagi para para konsumen.
9. Pantang menyerah
Seorang wirausahawan memiliki visi dan semangat juang yang besar. Mereka pantang menyerah pada hambatan, tidak pernah putus ada untuk selalu mencoba memberikan yang terbaik bagi para konsumennya. Jika menemui jalan buntu, seorang wirausahawan tidak akan diam begitu saja menerima kegagalan. Mereka akan mencari jalan alternatif, agar bisa meraih impiannya.
10. Pribadi yang berjiwa sosial
Seorang wirausahawan adalah seorang yang memiliki jiwa berbagi kepada sesama. hal ini penting, karena reziki adalah karunia Allah, Tuhan yang Maha Esa, maka jika seorang wirausahawan memberikan sebagian hartanya maka Allah akan membalasnya dengan rezeki yang lain, hal berarti sebuah keuntungan bagi seorang wirausahawan.
Nah, Pribadi mandiri apakah anda memiliki 10 ciri seorang wirausahawan sejat ini ?,jika jawabannya "ya" maka saya ucapkan selamat datang di dunia yang penuh dengan kesuksesan dan keberkahan dari Tuhan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar