WELCOME

SELAMAT DATANG SAYA UCAPKAN KEPADA CENDIKIAWAN KEBANGGAAN INDONESIA

Selasa, 05 April 2011

contoh proposal bisnis (stiker gaul)

BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Masalah
Peluang usaha untuk mahasiswa adalah sesuatu yang dapat membuka mata tentang bagaimana mendapatkan penghasilan selagi masih muda dan berstatus mahasiwa, paling tidak agar kita sebagai mahasiswa bisa belajar untuk hidup mandiri dan mengurangi beban orang tua terhadap kita..
Mahasiswa sebenarnya mempunyai peran penting dan strategis dalam memajukan pembangunan dalam berbagai sektor. Sebagai mahasiswa tentu mempunyai kebanggaan tersendiri karena tidak setiap orang dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi. Dibutuhkan modal selain kreativitas, kecerdasan juga keuangan yang lebih.
Sebagai mahasiswa kita dituntut menjadi mahasiswa yang kreatif dan dapat menangkap peluang yang ada di sekeliling kita. Sudah banyak bukti orang yang sukses saat ini karena mereka merintis usahanya sejak masih muda dan masih berstatus mahasiswa.
Peluang usaha untuk mahasiswa adalah kegiatan bila dikerjakan dengan sungguh-sungguh akan dapat memberi keuntungan. Tentu saja melakukan peluang usaha untuk mahasiswa dibutuhkan ketekunan dan keuletan. Namun dalam menangkap peluang usaha untuk mahasiswa ada hal yang harus di perhatikan agar dapat mencapai keberhasilan.
Peluang usaha untuk mahasiswa haruslah mempunyai target yang hendak dicapai. Paling tidak kita bisa membuat sebuah perencanaan kedepannya tentang target apa yang akan kita capai. Selanjutnya kita juga dapat melakukan sebuah evaluasi terhadap yang apa kita usahakan selama ini.
Sebenarnya jika kita memang berkeinginan sukses di usia muda, apalagi sebagai mahasiswa. Kita dapat menelaah dan memilih sebuah bisnis yang mungkin cocok buat kita dan tidak sekali-kali tidak mengganggu proses perkuliahan . Paling tidak berusaha mengeluti pada bidang yang memang kita kuasai atau bidang yang memang menjadi hobi kita. Atau bisnis pada bidang yang memang dibutuhkan oleh masyarakat minimal di lingkungan kampus. Karena tempat pemasaran produk kita yang paling mudah dan terjangkau adalah lingkungan kampus dan sekitarnya. Intinya kita bisa me-manage waktu kita. Sebenarnya banyak sekali peluang usaha untuk mahasiswa yang dapat dimanfaatkan di lingkungan kampus. Termasuk peluang usaha untuk mahasiswa mungkin saja kita dapatkan dari sebuah kegiatan mahasiswa.
Hal yang terpenting adalah menggali ide, gagasan dan menemukan peluang yang ada dan memanfaatkan sebaik mungkin. Apa yang ada dalam lingkungan kita, dapat menjadi lahan usaha apapun kondisi dan usahanya pasti dapat berkembang. Semua itu dapat terwujud hanya dengan ketekunan dan keuletan agar tercapai keberhasilan.

Hal yang harus kita miliki mau untuk bekerja keras dan mempunyai keinginan untuk maju dan merubah nasib menuju lebih baik.
B. Batasan Masalah
Baiklah dalam penulisan tugas makalah yang berjudul “Peluang Usaha yang Cocok Untuk Saya sebagai Mahasiswa”. Saya akan meberi batasan masalagh terhadap usaha/bisnis apa yang hendak saya paparkan.
Dalam makalah ini pula saya berusaha untuk menjelaskan usaha yang akan saya geluti dengan meminimalkan 7 Sumber daya yang dibutuhkan oleh seorang calon pengusaha, seperti Tenaga, Keterampilan, Pengetahuan, Waktu, Uang, Peralatan dan ide/gagasan.

BAB II
PEMBAHASAN

A. Pengertian Singkat dari Kewirausahaan
Istilah wirausaha diperkenalkan oleh Prof. Dr. Suparman Sumahamijaya pada tahun 1975 dengan menjabarkan dalam istilah aslinya yaitu entrepreneur, dalam arti mereka yang memulai usaha baru., menanggung segala resiko, dan mendapatkan keuntungan.
Kata “Wirausaha” merupakan terjemahan dari istilah bahasa inggris entrepreneur, yang artinya adalah orang-orang yang mempunyai kemampuan untuk melihat dan menilai kesempatan peluang bisnis. J. B. Say menggambarkan pengusaha sebagai orang yang mampu memindahkan sumber-sumber ekonomi dari tingkat produktivitas rendah ke tingkat produktivitas tinggi karena mampu menghasilkan produk yang lebih banyak.
Kewirausahaan berasal dari kata wira dan usaha. Menurut dari segi etimologi (asal usul kata ). Wira, artinya pejuang, pahlawan, manusia unggul, teladan, gagah berani, berjiwa besar, dan berwatak agung. Usaha, artinya perbuatan amal, bekerja, berbuat sesuatu. Jadi, wirausaha adalah pejuang atau pahlawan yang berbuat sesuatu. Wirausaha dapat mengumpulkan sumber daya yang di butuhkan guna mengambil keuntungan dari padanya, dan mengambil tindakan yang tepat guna untuk memastikan keberhasilan usahanya. Wirausaha ini bukan faktor keturunan atau bakat, tetapi sesuatu yang dapat dipelajari dan dikembangkan.
B. Sumber Daya yang di Butuhkan Oleh Seorang Pengusaha
Sebelum saya memaparkan tentang usaha yang cocok saya geluti . Alangkah baiknya jika saya menjelaskan terlebih dahulu sumber daya apa saya yang di butuhkan seorang pengusaha dengan hal yang terkait bisnis yang saya geluti. Berikut adalah 7 sumber daya yang di butuhkan oleh seorang pengusaha. Beberapa diantaranya mungkin telah saya miliki dalam kepribadian saya, sementara yang lainnya harus terus menerus dikembangkan. Keenam sumber daya yang dibutuhkan oleh seorang pengusaha terkait dengan usaha/bisnis makelar percetakan yang ingin saya geluti adalah, sebagai berikut :
1. Tenaga. Menurut saya dalam melakukan pekerjaan ini kita tidak perlu menggunakan tenaga yang besar karna kita hanya menjajakan stiker di tempat tempat yang ramai di lewati orang seperti jalan raya, namun bisnis ini akan menguras tenga besar jika berurusan dengan polisi.
2. Keterampilan. Menurut saya keterampilan yang saya miliki adalah dalam hal memasarkan suatu produk, saya merasa cukup telaten untuk hal ini.
3. Pengetahuan. pengetahuan saya tentang penjualan stiker memang tidak terlalu banyak namun hal itu bisa di pelajari dengan sendirinya, bisnis yang akan saya jalani ini tidak memerlukan banyak pengetahuan karna hanya menjual stiker saja, mungkin pengetahuan yang harus dimiliki adalah pengetajuan badaimana cara memasang stiker dengan baik.
4. Waktu. Walaupun waktu saya harus dibagi dengan kuliah, tetapi saya merasa bisnis makelar percetakan ini bisa dilakukan di luar jam kuliah. misalnya malam hari atau sore hari atau hari hari tidak kuliah.
5. Uang. Dalam hal ini, uang sebagai modal awal secukupnya atau seadanya makin banyak modal uang dikeluarkan maka makin banyak variasi stiker yang didapatkan, modal yang paling utama adalah berani dan pantang mnyerah
6. Peralatan. peralatan yang di butuhkan adalah peralatan memotong seperti gunting dll, tempat penyimpanan stiker dan plastk stiker dan lain sebagainya, intinya tidak banyak peralatan yang di butuhkan untuk menjalani bisnis ini.
7. Ide dan gagasan. Dalam melakukan bisnis ini ide dan gagasan sangatlah penting untuk menunjang kretifitas dan inovasi kita dalam mendesaing sebuah stiker yang mungkin banyak diminati oleh orang banyak. ide yang paling utama adalh memilih tempat yang strategis dan tidak di marahi oleh petugas kepolisian demi kelancaran penjualan stiker dan kenyamanan konsumen
C. Usaha yang Cocok Untuk Saya Lakukan
* menjual sticker lucu dan unik serta menarik
Berdasarkan sumber daya yang saya miliki di atas. Saya akan memaparkan tentang profesi yang saya anggap cocok untuk saya geluti, yakni profesi sebagai penjual sticker? Modal yang dibutuhkan juga tidak cukup besar bahkan kita bisa menjalankan bisnis ini dengan modal awal minimal 100,000 sesuai dengan kemampuan kita, makin besar modal maka makin banyak fariasi stiker yang didapatkan, yang terpenting adalah kita pandai bergaul, memiliki jaringan yang luas dan lumayan pintar dalam proses desaing grafis (misalnya: corelDRAW, Photoshop dsb). Kita juga tidak perlu memiliki mesin cetak stiker untuk dapat menjalankan bisnis ini. kita cukup membuat desain stiker dan membuatnya di pembuat stiker, atau bisa juga dengan memesan stiker dalam jumlah besar sehingga harganya murah.
Selain itu, dengan makin banyaknya speda motor yang beredar di indonesia maka makin besar akan kebutuhan akan permintaan stiker untuk mempercantik motor pribadi, begitu juga dengan mobil yang semakin banyak beredar di indonesia memungkinkan akan permintaan stiker yang lebih besar, namun stiker tidah hanya di gunakan untuk menghias kendaraan, bisa juga untuk menghias hp, kamar, pintu dan lain sebagainya.
* penjualan kekonsumen
penjualan dapat dilakukan di tempat tempat yang sering di lewati orang seperti di pinggir jalan raya yang teduh, kita cukup menggantung stiker dan menunggu pembeli datan, sementara menunggu pembeli kita dapat membaca buku ata mendengarkan musik untuk menghilangkan rasa bosan menunggu, kita juga bisa sambil mengerjakan tugas tugas kuliah dengan laptop sambil menunggu pembeli.
* Laba yang Didapatkan
Sebenaranya keuntungan yang diperoleh dari bisnis ini lumayan meyakinkan. kita menaikan harga jual stiker beberapa persen dari harga beli. Contohnya: kita membeli stiker dengan harga 1000 maka kita bisa menjualnya dengan harga 1500 sampai 2000. ini untuk satu stiker.
Demikianlah apa yang bisa saya paparkan tentang rancangan usaha yang akan saya geluti tanpa mengganggu aktivitas saya sebagai mahasiswa. Semoga apa yang telah saya jelaskan bisa menjadi pencerahan atau motivasi buat saya dan yang membacanya. Terimah Kasih.

BAB III
KESIMPULAN DAN SARAN

A. Kesimpulan
Dari hasil penulisan makalah di atas, maka dapat di tarik kesimpulan sebagai berikut :
1. Sebagai mahasiswa dengan jiwa dan kreatifitas yang tinggi bukan mustahil akan dapat menciptakan peluang usaha bagi orang lain. Jangan hanya berpikir untuk menjadi karyawan atau seorang PNS yang digaji tiap bulannya, tetapi berpikirlah sebagai seorang pengusaha yang akan mempunyai karyawan dan menggajinya.
2. Berbisnis sebagai penjual stiker merupakan sebuah ladang bisnis yang menguntungkan dan halal. sebab modal yang di butuhkan juga tidk terlalu besar sangat sesuai dengan kantong mahasiswa, asalkan kita bisa mempertahankan kualitas stiker yang di jual dan membuat konsumen yakin bahwa stiker yang kita jual adalah stiker dengan kualitas no 1.
3. bisnis ini akan beresiko tinggi jika tidak pandai melihat situasi dan kondisi, seperti lokasi penjualan, karna penjualan di sembarang tempat dapat berurusan dengan polisi

B. Saran
1. Sekarang ini bukan hal yang aneh jika seorang yang sederhana tanpa mempunyai modal besar berbicara bisnis. Sebab peluang usaha sebenarnya ada di mana-mana. Asal mau berusaha dan berpikir kreatif serta inovatif.
2. Berusahalah berfikir untuk mandiri.! Usaha/bisnis lingkup mahasiswa sangatlah banyak. Biar tanpa modal besar nisnis bisa jalan. contohnya menjual stiker.
3. pandai pandailah memilih lokasi penjualan.
4. perbanyaklah link yang berhubungan dengan stiker.

1 komentar:

  1. INI ADALAH TAHUN BARU LAGI, APAKAH ANDA USAHA MAN / WANITA, A PEKERJA DI ORGANISASI, Wiraswasta? Membutuhkan pinjaman pribadi untuk bisnis tanpa stres, Jika demikian, hubungi kami hari ini, kami menawarkan pinjaman tahun baru pada tingkat bunga rendah dari 2%, Anda dapat memulai tahun baru dengan senyum di wajah Anda, keselamatan, kebahagiaan kami pelanggan adalah kekuatan kita. Jika Anda tertarik, mengisi formulir aplikasi pinjaman di bawah ini:
    Informasi Peminjam:

    Nama lengkap: _______________
    Negara: __________________
    Sex: ______________________
    Umur: ______________________
    Jumlah Pinjaman Dibutuhkan: _______
    Durasi Pinjaman: ____________
    Tujuan pinjaman: _____________
    Nomor ponsel: ________

    Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi kami sekarang melalui email: gloryloanfirm@gmail.com

    BalasHapus